Tentang Kami

Paseduluran Jemparingan Mataram Jawi Langenastro Ngayogyakarto (Paseduluran Jemparingan Langenastro) terbentuk dari kesamaan kesenangan (jw: klangenan) beberapa warga Langenastran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton terhadap kegiatan jemparingan tradisional bandulan.

Hari Minggu, 18 Maret 2012 atau bertepatan dengan kalendar Jawa Minggu Legi, 24 Bakdamulud 1945 Wawu – latihan jemparingan tradisional bandulan digelar untuk pertama kalinya di lapangan Langenarjan. Diawali dengan 3 orang anggota dan hingga kini anggota Paseduluran Jemparingan Langenastro terus bertambah. Anggota yang tercatat tidak hanya berasal dari lingkungan warga sekitar namun juga berasal dari berbagai daerah di Yogyakarta.

Di pertengahan tahun 2013 – Paseduluran Jemparingan Langenastro telah membuka kelas bagi anak-anak. Sebuah harapan untuk terus lestarinya jemparingan di Yogyakarta dan Paseduluran Jemparingan Langenastro berharap dapat terus berperan aktif dalam pengembangan olahraga (panah tradisional) dan kegiatan pelestarian budaya khususnya budaya tradisional di Yogyakarta.

Salam budaya,