Gladhen Jemparingan Tanggap Warsa kaping 5 Langenastro

nDerek Mangayubagyo Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat

0
382

1Tentang Kami


Paseduluran Jemparingan Langenastro

Lahir di bulan Maret 2012, saat ini di usianya yang kelima, Paseduluran Jemparingan Langenastro tumbuh menjadi komunitas dengan lebih dari 50 orang anggota yang tak melulu bersenang-senang menarik busur melepas anak panah. Paseduluran Jemparingan Langenastro tumbuh menjadi komunitas budaya yang memiliki segudang prestasi dengan mencetak pemanah-pemanah tradisi terbaik, melahirkan generasi-generasi baru pelestari jemparingan, membentuk prajurit budaya Bregada Jemparingan Langenastro hingga membangun kemandiriannya melalui kegiatan usaha Warung Langenastro.

Dan seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya, Paseduluran Jemparingan Langenastro mensyukuri pencapaiannya dengan menggelar acara Gladhen Tanggap Warsa Langenastro.

2Gladhen Tanggap Warsa Langenastro

2013-2016

Jumlah Peserta

Melihat pertumbuhan peserta dari tahun ke tahun dan juga animo masyarakat serta pertumbuhan paguyuban-paguyuban penggiat jemparingan di berbagai daerah, diperkirakan lebih dari 300 pemanah akan mengikuti Gladhen Jemparingan Tanggap Warsa V Langenastro tahun 2017 ini.

Lokasi Kegiatan

Jumlah peserta yang kian bertambah dari tahun ke tahun dan lokasi Lapangan Kamandungan yang tidak lagi mampu mengakomodasi kebutuhan ini, sejak Gladhen Tanggap Warsa IV Langenastro tahun 2016 lokasi dipindahkan ke luar kompleks Lap. Kamandungan. Tahun ini, Gladhen Tanggap Warsa V Langenastro direncanakan digelar di Alun-Alun Selatan Yogyakarta*)

Gladhen Anak

Komitmen Paseduluran Jemparingan Langenastro untuk terus menggelar Gladhen Jemparingan dengan menyertakan kelompok anak-anak akan terus diwujudkan dalam event Gladhen Jemparingan Tanggap Warsa V Langenastro kali ini.

*) atau lokasi lain yang mampu mengakomodasi jumlah peserta lebih dari 300 orang

 

3Konsep Acara

Gladhen Jemparingan Tanggap Warsa kaping 5 Langenastro
nDerek Mangayubayo Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat

Seiring bertambahnya usia – Paseduluran Jemparingan Langenastro terus bergerak dan berperan aktif di dalam kegiatan pelestarian seni tradisi jemparingan. Salah satunya dengan terus memperkenalkan seni tradisi jemparingan ini kepada masyarakat umum secara luas, baik di wilayah Yogyakarta, luar Yogyakarta hingga ke manca negara.

Nambah Umur Nambah Dulur – adalah tema yang akan diusung di dalam Pengetan Tanggap Warsa Langenastro kali ini. Seiring bertambahnya usia, Paseduluran Jemparingan Langenastro juga berharap gerakan #AyoManah yang digaungkan 2 tahun lalu menambah saudara-saudara baru yang saling bahu membahu di dalam pelestarian seni tradisi jemparingan, seperti halnya Langen Progo.

Dengan semangat Nambah Umur Nambah Dulur, Gladhen Jemparingan Tanggap Warsa V Langenastro kali ini menggelar rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menjalin ikatan-ikatan baru baik dengan paguyuban jemparingan yang banyak lahir di satu tahun terakhir ini maupun pemangku kepentingan lain di dalam pelestarian seni tradisi jemparingan.

4Pendaftaran Peserta

Pendaftaran Peserta Gladhen Jemparingan Tanggap Warsa kaping 5 Langenastro dapat dilakukan secara online – Daftar Sekarang

LEAVE A REPLY