Rembug Jemparingan Nusantara

0
720

Ide awal dilontarkan mas Eko (Kang Lawasan) melalui forum komunikasi online grup Jemparingan Mataraman mengenai perlunya diwujudkan agenda silaturahmi antar paguyuban jemparingan menjawab tantangan baru dengan mulai bermunculannya paguyuban-paguyuban jemparingan baru dan gairah memanah khususnya jemparingan di berbagai dearah. Akhirnya setelah melakukan diskusi singkat dengan Paseduluran Jemparingan Langenastro disepakati pertemuan pertama ini akan digelar di

Rembug Jemparingan Nuswantoro digelar pada hari Minggu, 8 Januari 2017 bertempat di Sasana Jemparingan Langenastro – Kampung Langenastran Kraton Yogyakarta. Dimulai pukul 11:00 wib, molor sekitar 1 jam dari yang direncanakan karena kondisi lalu lintas yang menjadi kendala bagi dulur-dulur jemparingan yang berasal dari luar Jogja, seperti Solo, Sukoharjo dan Wonogiri.

Alhamdulillah pada acara ini hadir 30 perwakilan 13 paguyuban dan lembaga yang berperan aktif di dalam pelestarian jemparingan dari Surabaya, Magetan, Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Jogja dan Jakarta.

Pada sesi pertama – mas Eko (Kang Lawasan) sebagai pelontar ide silaturahmi antar paguyuban jemparingan menceritakan kegilaannya pada jemparingan hingga mimpi-mimpi besarnya tentang jemparingan hingga munculnya ide untuk membangun mimpi-mimpi ini bersama paguyuban-paguyuban jemparingan yang mulai bermunculan di berbagai daerah. Ide ini dilontarkan dalam forum/grup komunikasi online Jemparingan Mataraman dan bersambut baik hingga digelarnya kegiatan ini pada hari Minggu, 8 Januari 2017 ini.

Pada kesempatan selanjut, saya (Hafiz Priyotomo) mencoba membagi pengalaman di dalam pengembangan dan pengelolaan komunitas Jemparingan Langenastro serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi Jemparingan Langenastro sejak lahir hingga menginjak usianya yang ke-5.

Sesi kedua dimulai setelah istirahat makan siang dan sholat. Dibuka dengan cerita suka duka dari perwakilan paguyuban dan lembaga di dalam berkegiatan jemparingan di daerahnya. Sesi ini juga dimanfaatkan untuk menggali ide, gagasan dan tindak lanjut pertemuan. Berbagai ide mengalir dan diskusi yang hangat mewarnai sesi kedua ini.

Pada akhir kegiatan seluruh peserta Rembug Jemparingan Nusantara sepakat untuk:

1) membentuk badan atau forum komunikasi yang mewadahi paguyuban jemparingan yang ada;

2) nama organisasi, badan atau forum komunikasi akan disepakati di pertemuan-pertemuan selanjutnya;

3) pada kesempatan ini berhasil dibentuk tim formatur dengan susunan sebagai berikut:

Ketua: Hafiz Priyotomo
Anggota:
Eko Riyantoko
Joko Mursito
Budi Narwanto
Hafiedz

4) tim formatur selanjutnya akan mulai bekerja untuk menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi serta rencana kongres pertama yang rencananya akan digelar pada bulan Maret 2017;

5) segera dijadwalkan pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk memperuncing rencana-rencana kegiatan di atas.

Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan dulur-dulur jemparingan hari ini menjadi awal sejarah gerakan pelestarian jemparingan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya.

LEAVE A REPLY